Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Pengoperasian Biogas Plant ... (1/9)

 Pengoperasian Biogas Plant

Oleh: Ir. Rohmadi Ridlo, M.Eng.

  1.    Pendahuluan

Efisiensi ekonomi dari biogas plant yang direncanakan dengan baik ditentukan oleh ketersediaan dan kapasitas pemanfaatan proses secara keseluruhan. Faktor kunci adalah fungsi dan kehandalan operasional teknologi yang digunakan, dan kinerja degradasi tinggi secara konsisten dalam proses biologis.

Sebagaimana pengoperasian fasilitas teknis biogas tergantung pada kerusakan yang tak terelakkan, alat yang tepat harus tersedia untuk mendeteksi malfungsi tersebut dan mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan. Pengendalian proses selalu dilakukan dalam interaksi dengan personil, meskipun tingkat otomatisasi dapat bervariasi sangat luas. Jika monitoring dan kontrol algoritma otomatis, manfaat yang tercapai adalah bahwa sistem ini terus-menerus tersedia dan tingkat ketergantungan pada tenaga ahli tidak terlalu besar. Transmisi data jarak jauh juga dsesuaikan dengan proses pemantauan dan kebutuhan kehadiran staf di pabrik. Kelemahan dari otomatisasi yang luas adalah biaya tambahan yang diperlukan. Keuntungan dan kerugian memiliki bobot yang berbeda tergantung dari spesifikasi pabrik, tidak dapat diasumsikan menjadi hal yang baku tentang satu setelan standar instrumentasi dan kontrol peralatan untuk pabrik biogas. Instrumen yang digunakan perlu disesuaikan dengan kondisi spesifik dalam setiap kasus.

Bagian berikut pertama meneliti variabel yang diukur yang dapat digunakan untuk mengamati proses biologis.

Laporan ini merupakan laporan teknis untuk masukan pembuatan studi kelayakan pembangkit listrik tenaga biogas yang dibuat oleh Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia-BPPT.

2.    Parameter untuk Memantau Proses Biologi

3.    Monitoring Plant dan Otomatisasi 

4.    Kontrol Proses dalam Start-up dan Operasi Standar

5.    Pengelolaan Gangguan

6.    Keandalan Operasional

7.    Catatan tentang Optimasi Pabrik

 

Statistik Pengunjung

3.png8.png8.png5.png7.png
Today95
Yesterday91
This week186
This month1704
3
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id