Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

BPPT dan LIPI (Bioteknologi): Sharing Pengalaman Program Kegiatan SATREPS

Tim SATREPS PTSEIK BPPT yang dipimpin oleh DR. S.D. Sumbogo Murti, M.Eng. sebagai Project Director beserta Ms. Chiaki Fukuda (JICA Project Coordinator) dan tim teknis yang diantaranya dari ITB, mengunjungi Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang terletak di Jl. Raya Bogor KM 46 Cibinong dengan tujuan untuk saling berbagi pengalaman dan isu-isu terkait penyelengaraan kegiatan SATREPS. Puslit Bioteknologi mempunyai program SATREPS dimulai dari tahun 2013 dan akan berakhir pada Oktober 2018, tema yang diusung adalah “ Innovative Bio-Production in Indonesia (iBiol): Integrated Bio-refinery Strategy to Promote Biomass Utilization on Using Super-Microbes for Fuels and Chemicals Production”.

 

Gambar 1. PTSEIK - BPPT, Biotek - LIPI, dan ITB dalam acara sharing program kegiatan SATREPS

Gambar 2. Presentasi dari Bapak Yopi Ph.D terkait SATREPS yang dikerjakan

Diskusi berlangsung cukup menarik dan interaktif, dari pihak LIPI Bioteknologi yang dihadiri oleh Yopi Ph.D sebagai Project  Manager beserta Mr. Endo Kiyomi (JICA Project Coordinator) dan tim teknisnya menyampaikan kemajuan kegiatannya terkait dengan screening mikroba yang dapat menghasilkan enzim, dimana enzim tersebut akan digunakan untuk mengkonversi biomassa manjadi etanol ataupun asam laktat sebagai produknya melalui proses fermentasi. Dan kami pun menyampaikan fokus kegiatan yang berupa gasifikasi biomass untuk menghasilkan syngas, dimana syngas yang dihasilkan akan diolah menjadi bahan cair berupa metanol serta produk samping dari gasifikasi berupa Char dibuat pupuk. Selain itu kami diberikan kesempatan untuk mengunjungi Laboratorium yang digunakan dalam proyek SATREPS ini sebagai tempat screening, pemilihan, pengembangbiakan mikroba, dan  tempat fermentasi baik skala 5 liter, 10 liter sampai dengan 25 liter.

Gambar 3. Kegiatan kunjungan Lab ke Bioteknologi - LIPI

Harapan kami, akan terjalin kolaborasi yang baik dengan program – program SATREPS lain yang berkaitan (yang menyangkut pada pemanfaatan biomass untuk bahan bakar dan bahan-bahan kimia) untuk melanjutkan keberlangsungan program setelah pendanaan SATREPS selesai. Program yang telah dirintis melalui program SATREPS ini diharapkan dapat akan terus berlanjut sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kemajuan bangsa dalam hal teknologi.

 

Penulis: Astri Pertiwi

Editor: GWM

 

Statistik Pengunjung

3.png8.png8.png5.png7.png
Today95
Yesterday91
This week186
This month1704
3
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id