Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Diskusi Rancang Bangun Plant Metanol, PTSEIK Kunjungi PT. Kaltim Metanol Industri

Pada tanggal 25 dan 26 April 2018, Tim PTSEIK BPPT yang tergabung dalam tim rancang bangun produksi metanol mengadakan kunjungan ke PT. Kaltim Methanol Industri (PT. KMI) yang terletak di Kawasan Pupuk Kaltim, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Kunjungan ini dilakukan untuk berdiskusi dan melihat secara langsung mengenai proses dan peralatan penunjang produksi metanol yang ada di PT. KMI. Tim PTSEIK tiba di site plant PT. KMI pada pukul 15:00 WITA untuk kemudian menerima pemaparan tentang safety induction didalam pabrik dan juga pengenalan Company Profile PT. KMI. PT. KMI merupakan penghasil salah satu penghasil metanol di Indonesia, yang terletak di Kota Bontang dan dekat dengan pelabuhan yang strategis bagi PT. KMI. Kapasitas metanol yang diproduksi adalah 2000 ton metric/hari atau 660000 ton metric/tahun. Sumber gas yang digunakan untuk produksi metanol berasal dari lapangan penghasil gas sekitar Bontang. Teknologi yang dipakai dalam produksi metanol adalah Lurgi yang memiliki low pressure. PT. KMI mulai dioperasikan secara komersial pada 29 Juli 2000. Hasil produksi metanol dari PT. KMI dibutuhkan oleh industri kimia, baik itu industri lokal maupun luar negeri, yang memakai metanol sebagai bahan baku, seperti formaldehyde, acetic acid, MTBE dan lain-lain.

Diskusi proses produksi metanol berlangsung pada pagi hari berikutnya, 26 April 2018. Secara garis besar, skema produksi metanol pada PT. KMI terdiri dari 5 unit utama, yaitu reforming, synthesis, distillation, storage dan utility. Unit reforming berfungsi untuk mengkonversi gas alam menjadi synthesis gas melalui berbagai macam tahapan proses, seperti penyerapan sulfur, konversi karbon berat, dan konversi metana menjadi karbon monoksida dan hidrogen. Unit sintesis bertujuan mengkonversi gas sintesis menjadi metanol dan produk sampingannya didalam reaktor dan katalis. Produk sampingan yang dihasilkan adalah metil formiat, DME, etanol, alkohol tinggi, olefin dll. Unit distillation bertujuan untuk memisahkan produk sampingan dengan produk metanol yang dihasilkan. Sementara unit utility berfungsi untuk mensuplai kebutuhan penunjang produksi metanol, seperti uap (steam), kelistrikan, oksigen, udara dan air.

Gambar 1. Skema Produksi Metanol di PT. Kaltim Metanol Industri

Secara keseluruhan, Tim PTSEIK dan PT. KMI terlihat antusias dengan diskusi ini, dan banyak hal – hal yang bermanfaat untuk diterapkan pada proyek rancang bangun produksi metanol yang akan dikerjakan oleh PTSEIK, seperti desain reaktor, material penyusunnya, dan pengendalian proses pada produksi metanol. Kedepannya diharapkan bahwa hasil diskusi tersebut dapat bermanfaat sebagai masukan dalam proyek rancang bangun produksi metanol.

 

Gambar 2. Diskusi dan Site Visit Tim PTSEIK ke PT. Kaltim Metanol Industri, Bontang

 

Penulis : Arya Bhaskara Adiprabowo

Editor : GWM

Statistik Pengunjung

3.png8.png8.png5.png7.png
Today95
Yesterday91
This week186
This month1704
3
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id