Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Joint Coordinating Committee (JCC) SATREPS 2018

JCC SATREPS 2018 yang diadakan pada 11 Juli 2018 ini merupakan rangkaian dari kegiatan SATREPS yang wajib diselenggarakan sekali per tahun. JCC kali ini berisi progress kegiatan dari SATREPS tentang The Project for Development of a Model System of Fluidized Bed Catalytic Gasification of Biomass Wastes and Following Liquid Fuel Production in Indonesia" Di BPPT, terdiri atas 2 (dua) kegiatan besar yaitu gasifikasi biomassa dan sintesis metanol. BPPT bekerjasama dengan Gunma University mengembangkan teknologi gasifikasi fluidized bed dengan menggunakan bentonite clay sebagai bed material. Saat ini telah mengembangkan cold model gasifikasi fluidized bed. Namun, masih terdapat kendala-kendala kebocoran pada pipa. Sedangkan sintesis metanol, BPPT fokus pada pengembangan katalis yang low cost dan pengembangan proses methanol bertekanan rendah. Selain BPPT, mitra universitas ITB juga hadir untuk melaporkan hasil kegiatannya.

  

Gambar 1. JCC SATREPS 2018

Acara JCC dibuka dengan sambutan Direktur PTSEIK oleh Dr. Ir. Hens Saputra, M.Eng.. Beliau mengatakan bahwa kegiatan JCC ini merupakan review, laporan, dan progress kegiatan untuk meningkatkan kinerja kedepannya. Selain itu, JCC merupakan ajang sharing knowledge antara peneliti yang terlibat didalamnya dan juga merupakan ajang problem solving yang dihadapi. Kemudian, Prof Noda memberikan sambutan. Beliau berpesan agar plant gasifikasi dapat selesai dengan sukses sehingga kedepannya dapat dilanjutkan dalam bentuk proyek lain karena mengingat waktu yang terbatas 1 tahun terakhir. Kemudian, Dr. Ir. SD. Sumbogo, M.Eng. memberikan pembukaan sebagai Program Director SATREPS di PTSEIK-BPPT.

Gambar 2. Sambutan dari Program Director SATREPS

Masing-masing kegiatan mempresentasikan progress kegiatannya. Dimulai dengan kegiatan gasifikasi oleh Dr. Ir. Erlan rosyadi, M.Eng. Kegiatan terdiri atas 2 (dua) judul yaitu persiapan biomassa dan pilot scale cold model testing.  Persiapan biomassa sudah dilaksanakan dengan mengunakan mesin pencacah khusus yang didesain sendiri. Mesin shredder ini berhasil mencacah hingga 1-2 cm, bahan baku tandan kosong kelapa sawit ini nanti akan dijadikan umpan ke gasifikasi. Cold model gasification testing menggunakan ±4 kuintal pasir dan rencana kedepan akan mengadakan beauty contest untuk pemilihan konsultan untuk hot model gasfication model. Selain itu, penggunaan char sisa dari pembakaran setelah gasifikasi juga dilakukan dan pengkajian pemanfaatannya untuk pupuk NPK. Rekan dari Gunma University, Wakana Kaneko, juga mempresentasikan hasil kegiatannya terkait dengan gasifikasi yang berjudul "Characterisation of Continuous and Pulse Operated Loop Seal".

Gambar 3. Ditengah-tengah kegiatan JCC SATREPS 2018

Setelah itu, kegiatan sintesis metanol yang diwakili oleh Dr. Ir. Joni Prasetyo, M.Eng. melaporkan hasil kinerja kegiatannya. Kegiatan terdiri atas 2 (dua) judul yaitu, preparasi katalis sintesis metanol dan pembuatan pilot plant metanol skala lab. Kegiatan preparasi katalis metanol telah menghasilkan beberapa tipe katalis dan membandingkan aktivitas katalisnya. Support katalis yang digunakan yaitu karbon aktif dan ꝩ-Alumina. Untuk kegiatan pilot plant metanol menghasilkan simulasi model reaktor sintesis metanol.

Presentasi terakhir yaitu dari mitra universitas dari ITB yang diwakili oleh Irika Anggraini dengan judul produksi bio-etanol dari fermentasi syngas. Kegiatan berakhir dengan pembahasan jadwal kegiatan SATREPS yang akan berakhir tahun depan dan diharapkan kegiatan SATREPS ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.

Editor : GWM

 

Statistik Pengunjung

4.png4.png9.png7.png1.png
Today68
Yesterday101
This week68
This month1141
1
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id