Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Peran Serta PTSEIK dalam "12th International Symposium on Green Energy" di Gunma University

Kerjasama antara BPPT khususnya PTSEIK dengan Gunma University telah terjalin sejak dikerjakannya SATREPS Project bersama dengan judul “The Project for Development of a Model System of Fluidized Bed Catalytic Gasification of Biomass Wastes and Following Liquid Fuel Production in Indonesia”. Kegiatan ini telah berjalan hampir 4, 5 th, yang akan berakhir tahun depan. Dalam kesempatan ini, 4 orang dari BPPT (khususnya PTSEIK) hadir menyampaikan paparan dengan ruang lingkup Energi terbarukan dalam acara “12th International Symposium on Green Energy” di Gunma University pada tanggal 30 Agustus 2018. Dr. Ir. Hens Saputra, M.Eng. menyampaikan tentang prospek Petrokimia dan Biorefinery di Indonesia, Dr. Dip. Ing. Muhammad Abdul Kholiq, M.Sc. membahas mengenai status perkembangan teknologi biogas di Indonesia, Dr. SD. Sumbogo, B.Eng. berbicara tentang Clay sebagai media gasifikasi biomass, dan Dr. Joni Prasetyo ST., MT. menyampaikan kegiatan Sintesis Metanol dari Syngas, selain itu juga Phd candidate dari PTSEIK yaitu Prima Zuldian ST., MT. juga membawakan paparan poster tentang hasil risetnya sejauh ini yang terkait dengan gasifikasi biomassa.

Gambar 1. 12th International Symposium on Green Energy di Gunma University (30 Agustus 2018)

Symposium ini dihadiri oleh berbagai negara lain seperti Korea Selatan, India, Myanmar, Kolombia, China, dsb. Kegiatan ini menjadi salah satu ajang untuk menjalin hubungan dan kerjasama.

Gambar 2. Acara dinner party untuk menjalin perkenalan dengan peserta-peserta dari negara lain.

Keesokan harinya, dilanjutkan dengan kunjungan ke plant gasifikasi skala industri berbahan baku wood chip.

Gambar 3. Kunjungan ke instalasi gasifikasi skala industri di Jepang

Selain itu, pada kegiatan ini menjadi kesempatan bagi karyasiswa yang sekolah di Gunma University untuk mentoring studi dari salah satu rekan yang bersekolah di sana. Diskusi berkisar pada kegiatan perkuliahan, target-target tahunan, progress/capaian saat ini, kendala-kendala yang perlu diantisipasi, dan juga penyampaian usulan/ide untuk kemajuan PTSEIK kedepannya.

Gambar 3. Diskusi progress, kendala, dan hal-hal terkait studi rekan di Gunma University.

 

 

Penulis: Dr. MA Kholiq

Editor: GWM

Statistik Pengunjung

4.png4.png9.png7.png3.png
Today70
Yesterday101
This week70
This month1143
2
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id