Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

BPPT MENDORONG PEMANFAATAN BAHAN BAKAR NABATI BERBASIS SAWIT UNTUK ATASI KRISIS MINYAK

 

“Jika negara-negara  di Timur Tengah memiliki minyak bumi, sebagai sumber energi dunia, maka Indonesia memiliki biomassa. Indonesia seperti timur tengah-nya biomassa.  Saat ini Indonesia menjadi produsen Minyak Sawit terbesar di dunia. Jika dimanfaatkan secara maksimal akan mampu mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi yang tidak terbarukan.”

Demikian disampaikan oleh Dr Edi Hilmawan, dari Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK), BPPT dalam paparannya pada Grand Seminar Indonesia Chemical Engineering Challenge (IChEC) 2017 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITB di Aula Timur ITB pada 25 Februari 2017 yang lalu.

Dr Edi Hilmawan memaparkan presentasi mengenai “Energi Terbarukan dari Sumber  Daya Hayati Indonesia - Teknologi dan Tantangannya”. Dalam presentasi selama 25 menit yang dilanjutkan dengan tanya jawab tersebut, disampaikan bahwa Diversifikasi energi merupakan keharusan di tengah semakin meningkatnya kebutuhan energi dan semakin terbatasnya sumber energi. Guna mengatasi hal tersebut, Biomassa menjadi salah satu pilihan alternatif sumber energi terbarukan yang sangat menjanjikan. Selain karena Indonesia kaya akan sumbernya, Biomassa dapat menghasilkan atau mudah dikonversi menjadi bahan bakar cair (Bahan Bakar Nabati - BBN), yang mampu menggantikan Bahan Bakar Minyak. Sebagai penghasil terbesar kelapa dan minyak sawit dunia, yang mana sebagian besar masih diekspor dalam bentuk mentah, Indonesia sudah semestinya memberdayakan potensi biomassa tersebut untuk menghasilkan BBN menggantikan BBM.

 

Potensi sumber energi biomassa berbasis Sawit, tidak hanya dari hasil produk minyaknya saja, namun juga dari limbah biomassanya seperti tandan kosong, pelepah, batang pohon. Bahkan limbah cair dari pengolahan kelapa sawit atau sering disebut dengan Palm Oil Mill Effluent (POME) dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas yang dapat digunakan untuk bahan bakar boiler ataupun pembangkit listrik.

BPPT melalui PTSEIK secara konsisten melakukan penelitian dan pengembangan teknologi produksi Bioenergi berbasis sawit, mulai dari pemanfaatan limbah biomassa untuk menghasilkan Bio Crude Oil (BCO), Gas Sintesa, Metanol, Biodiesel, Green Petroleum, dan juga pemanfaatan POME  untuk menghasilkan Biogas dan Listrik.

Sekalipun berbagai lembaga litbang sudah memiliki kemampuan dalam perekayasaan BBN, namun tetap memerlukan komitmen nasional dan strategic partnership (ABG) untuk menghasilkan industri energi (BBN) cap “merah putih”.

 

 

Statistik Pengunjung

4.png4.png9.png7.png8.png
Today75
Yesterday101
This week75
This month1148
2
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id