Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

INOVASI DAN PENGEMBANGAN BAHAN BAKAR TERBARUKAN DARI MINYAK NABATI NON-EDIBLE

 

 

  Inovasi dan Pengembangan Pemrosesan Minyak Nyamplung, non-edible, menjadi Green Petroleum pengganti solar (Green Diesel)

 

Pengembangan Bahan Bakar Hijau atau Green Petroleum merupakan salah satu kegiatan yang sedang dilaksanakan di PTSEIK-BPPT. Program ini merupakan penunjang program nasional untuk ketahanan energi khususnya bahan bakar dalam rangka mencari alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak berbasis Minyak Bumi. Saat ini PTSEIK tengah mengembangkan bahan bakar terbarukan yang bisa dibuat dari minyak goreng bekas dan minyak nyamplung yang tidak digunakan untuk pangan.

Kajian awal terkait dengan potensi bahan baku tersebut telah dilakukan dan memberikan hasil tentang potensi yang memungkinkan pemanfaatan minyak nabati nyamplung untuk menggantikan bahan bakar khususnya solar.

Teknologi pemrosesan minyak nyamplung ini dilakukan dengan menggunakan katalis NiMo dan NiW. Pada pemrosesan yang paling optimal dengan reactor kontinyu berhasil mengkonversi mencapai 50% minyak nyamplung menjadi diesel.

Sekalipun demikian, bahan baku dan proses ini masih dirasa terlalu mahal, apalagi kalau dibandingkan dengan harga solar saat ini. Pengembangan teknologi terus dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kelayakan dengan nilai ekonomis yang mendekati komersial. 

 

 

Statistik Pengunjung

3.png8.png8.png5.png8.png
Today96
Yesterday91
This week187
This month1705
1
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id