Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

PEMANFAATAN BIOMASSA UNTUK PENYEDIAAN LISTRIK YANG MERATA DAN TERJANGKAU BAGI RAKYAT

 

 

Deputi Teknologi Informasi, Energi dan Material BPPT, Dr. Ir. Hammam Riza, MSc menyampaikan mengenai pentingnya Indonesia mengembangkan sistem Industri Energi, khususnya bahan bakar berbasis Biomassa, untuk menjaga kontinuitas pasokan energi yang ramah lingkungan dan mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan. Hal ini disampaikan dalam kesempatannya berbicara pada Forum Diskusi mengenai “Implementasi Teknologi Biomassa untuk Mendukung Perekonomian Daerah”, yang diselenggarakan oleh Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI) dan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) di Pontianak, 30 Maret 2017 yang lalu.

Lebih jauh Dr Hammam memaparkan bahwa proyek energi biomassa memiliki beragam dampak positif pada pembangunan ekonomi lokal dan regional. Dampak positif yang dirasakan oleh daerah antara lain:

  • Bahan bakar biomassa yang dihasilkan, dipanen, diproses dan dimanfaatkan secara lokal, akan menciptakan dan menjaga lapangan pekerjaan bagi perekonomian daerah.
  • Energi biomassa membuat rupiah dibelanjakan untuk bahan bakar di perekonomian lokal - dibandingkan dengan sistem bahan bakar fosil, yang sebagian import dan memerlukan mata uang asing.
  • Pembangunan dan pemeliharaan sistem energi biomassa menciptakan lapangan kerja dalam perekonomian daerah.
  • Dengan memanfaatkan baru produk sampingan hutan untuk bahan bakar, energi biomassa juga memperkuat industri kehutanan-produk regional utuh, memberikan pasar lokal baru dan meningkatkan sumber daya hutan, bersama dengan menciptakan lapangan kerja.
  • Semua pekerjaan dan aktivitas ekonomi yang dibuat oleh proyek-proyek biomassa juga membangkitkan kepentingan daerah lokal dan pendapatan pajak

Dalam pemanfatannya, Biomassa dapat diolah menjadi listrik atau dapat juga dipakai sebagai bahan bakar, baik langsung seperti briket atau pellet biomassa atau diubah menjadi bahan bakar cair seperti biodiesel, bioethanol dll.

Deputi TIEM-BPPT, juga menjelaskan mengenai  aktifitas BPPT yang sedang dilakukan terkait pengembangan teknololgi bahan bakar, baik yang terkait dengan biomassa maupun bahan bakar fossil, antara lain:

  1. Bahan Bakar Berbasis Biomass
    • Pembuatan Biodiesel (Proses Non Catalytic, Static Mixture Reactor, Biodiesel Upgrading by Partial Hydrogenation)
    • Green Petroleum (Green Diesel dan Green Gasoline, Bio Jet Fuel)
    • Pure Plant Oil (PPO) untuk Industrial dan Bahan Bakar Pembangkit Listrik
    • Pembuatan Biomethanol dari Tandan Kosong
    • Biogas untuk listrik dari POME
  2. Pemanfaatan dan Upgrading dari Low Ranked Coal
    • Low Ranked Coal Upgrading
    • Synthetic Fuels from Coal
  3. Produksi dan Pemanfaatan Gas
    • Utilization of Gases (NG, DME, LPG, Syngas) for Substituting Fossil Fuels
    • Production of Gas (Bio CNG, Bio H2) for Substituting Natural Gas

Paparan tersebut ditutup dengan menyampaikan beberapa kesimpulan, sebagai berikut:

  1. Untuk menjaga kontinuitas pasokan energi yang ramah lingkungan dan mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan, Indonesia perlu mengembangkan sistem industri energi khususnya bahan bakar berbasis biomassa
  1. Peran teknologi berdasarkan EBT akan lebih penting di masa depan, namun potensi saat ini (biomassa, dll) tidak bisa langsung dan dimanfaatkan secara maksimal tanpa inovasi teknologi, sehingga diperlukan kemampuan teknologi pembuatan bahan bakar (terutama bahan bakar cair)
  2. Perkembangan teknologi pada biofuel telah menjadi perhatian BPPT sejak beberapa tahun yang lalu melalui kegiatan penelitian (R), pengembangan (D), teknik (E) dan operasi (O) untuk produksi biofuel.
  3. Rencana aksi mencakup pengembangan dan membangun kemitraan strategis dalam terutama pada penerapan teknologi.

 

 

Statistik Pengunjung

3.png8.png8.png6.png1.png
Today0
Yesterday99
This week190
This month1708
1
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id