Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

KELAYAKAN PLT BIOGAS BERBAHAN BAKU LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (POME)

PLT Biogas denganTeknologi Covered Lagoon

 

Saat ini Indonesia sebagai negara produksi terbesar minyak kelapa sawit, mempunyai sekitar 700 Pabrik  Kelapa Sawit (PKS), yang tersebar terutama di pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Limbah cair yang dihasilkan dari proses pengolahan di PKS, sebelum dialirkan ke luar lingkungan, dikumpulkan sementara dalam kolam-kolam untuk mengurangi kandungan organik. Selama proses tersebut, terutama di kolam an-aerobik, limbah cair mengeluarkan gas metana, CH4, ke atmosfir. Gas ini mempunyai kontribusi terhadap pemanasan global. Pemanfaatan gas metana sebagai bahan bakar, merupakan suatu usaha untuk mengurangi beban lingkungan dan dapat menambah pendapatan dengan menjual listrik ke PLN atau mengurangi biaya konsumsi bahan bakar fosil, yang digunakan untuk membangkitkan listrik.

 

 

Roadmap Pengembangan PLT Biogas BPPT

 

BPP Teknologi bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V), memanfaatkan gas metana dari kolam anaerobic untuk bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg), yang digunakan untuk mensuplai listrik ke perumahan karyawan dan sekitarnya. Proyek ini akan dibangun di PKS Terantam, PTPN V, di Riau.  Kajian dilakukan untuk disain awal PLTBg berdasarkan Chemical Oxygen Demand (COD) sebesar 68.500 mg/ltr. Teknologi yang dipakai ditentukan berdasarkan evaluasi teknologi yang ada dan kemudahan serta efesiensi operasional PLTBg. Dilanjutkan dengan evaluasi tata letak kolam anaerobic, evaluasi disain sipil dan beberapa aspek lainnya yang menunjang efesiensi pengoperasian.

Dari hasil kajian, dipilih teknologi cover lagoon yang mempunyai kemudahan dalam operasional namun membutuhkan lahan yang luas. Hasil analisa karakteristik limbah memprediksi kapasitas PLTBg sebesar 1.0 MW, dengan kebutuhan investasi sebesar Rp 40.02 M. Dari perhitungan keekonomian didapat IRR sebesar16.75% dan payback period 5 tahun. Untuk itu, PLTBg ini dianggap layak untuk diimplementasikan.

 

 

 

 

Statistik Pengunjung

3.png8.png8.png5.png7.png
Today95
Yesterday91
This week186
This month1704
3
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id