Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Tingkatkan kerjasama, PTSEIK menerima kunjungan Fakultas Teknologi Industri UPN Veteran Yogyakarta

Pada tanggal 31 Januari 2019, Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK) kedatangan rombongan tamu dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional (FTI-UPN) Veteran, Yogyakarta. Kunjungan ini dimaksudkan sebagai kunjungan balasan dari tim PTSEIK tempo Desember 2018 lalu, sekaligus menjajaki kesempatan untuk kerjasama dengan BPPT dalam bidang riset dan penelitian. Acara dibuka oleh Direktur PTSEIK, Dr. Ir. Hens Saputra M.Eng. dan dilanjutkan dengan perkenalan antara kedua belah pihak. Pak Hens kemudian turut menjelaskan paparan sekilas mengenai BPPT, PTSEIK, dan juga peran dan fungsi PTSEIK di BPPT.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Teknik Industri (FTI) UPN Veteran Yogyakarta, Ibu Mahreni berharap bahwa mahasiswanya dapat melakukan kerja praktek di PTSEIK, sekaligus melakukan kolaborasi penelitian dengan peneliti maupun perekayasa di PTSEIK yang telah menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang keahliannya masing – masing. Selama ini, tutur Ibu Mahreni, mahasiswa kesulitan mencari tempat kerja praktek dan penelitian yang sesuai dengan jadwal akademik mereka. Selain daripada itu, penggunaan alat di laboratorium PTSEIK dapat menambah kompetensi mahasiswanya dalam bidang keilmuan masing – masing. FTI UPN Veteran Yogyakarta, yang baru menjadi universitas negeri pada tahun 2014, membutuhkan partner untuk berkolaborasi menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas, sehingga invensi tidak hanya berakhir sebagai sebuah kertas saja. Menurut Ibu Mahreni, riset dan inovasi yang ada didalam pemikiran beliau, seperti teknologi biogas, garam industri dapat ditemukan di PTSEIK-BPPT, sehingga menjadikan PTSEIK-BPPT sebagai mitra kerjasama yang tepat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan kunjungan ke laboratorium yang ada di PTSEIK. Selain diskusi, terdapat penjelasan singkat dari masing – masing kepala program mengenai program kerja yang telah maupun sedang dikerjakan, antara lain Inovasi Teknologi Bioenergi, Biogas dari Limbah POME, Batubara dan Petrokimia dan juga Garam Industri. Selain dari PTSEIK, juga terdapat paparan mengenai inovasi dan program kerja dari unit kerja lain, yaitu Pusat Teknologi Material (PTM).

Penulis : ABA

Statistik Pengunjung

1.png0.png4.png6.png0.png9.png
Today290
Yesterday294
This week290
This month4885
3
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id