Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Peran Serta PTSEIK dalam Penyusunan Program Strategis MINERBA 2020-2030

Bandung, 28 Maret 2019

Direktorat Pembinaan Program Mineral dan Batubara, Ditjen Minerba mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Persiapan Penyusunan Program Strategis Mineral dan Batubara 2020-2030 dan diharapkan hasilnya dapat menjadi Program Prioritas Nasional sesuai dengan Kebijakan Minerba yang telah disusun dan dapat diakomodir dalam RPJMN untuk periode berikutnya. FGD ini diadakan dengan maksud sebagai sarana untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dalam mengumpulkan, memetakan dan mengidentifikasi potensi permasalahan dan pengembangan pengeloaan mierba secara nasional yang komprehensif dan saling bersinergi menguatkan dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

Gambar 1. Saat acara FGD berlangsung

Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan stakeholder program mineral dan batubara antara lain dari BPPT, Kemenko Maritim, Kemenko Ekonomi, Kemenperin, Kemendagri, Bappenas, KLHK, LIPI, LAPI-ITB, LPEM UI, Kemhan, Kementerian KKP serta pelaku usaha, ahli, Akademisi, dan Asosiasi. FGD ini merupakan kegiatan ke-3 dari rangkaian rencana 8 FGD. FGD di Bandung ini dilaksanakan di kantor di Pusat Air Tanah dan Geolologi Tata Lingkungan –KESDM. FGD kali ini menghadirkan narasumber perwakilan dari Kementerian Pertahanan yang membawakan tema Mineral Strategis dan Pemanfaatan untuk Mendukung Pertahanan Negara. Narasumber kedua perwakilan dari Kemenko Kemaritiman dengan tema Pengelolaan Mineral dan Batubara dalam Sinergitas Strategis Lintas Sektoral.

BPPT pada acara ini mengirimkan perwakilan dari dua Unit Kerja yakni Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK) dan Pusat Teknologi Sumberdaya Mineral (PTSM). Adji Kawinugraha dari PTSM memberikan masukan perihal mineral strategis apa saja yang hendak diangkat menjadi program nasional, dan Yusnitati dari PTSEIK mengangkat isu pengelolaan dan pemanfaatan batu bara muda (low rank coal) serta strategi pemenuhan kokas dalam negeri untuk indutri pengolahan mineral.

Gambar 2. Kunjungan ke PT PINDAD

Acara ini berlangsung dua hari dengan acara hari kedua berupa kunjungan ke PT PINDAD sebagai pengguna Mineral Strategis untuk material alutsista di Industri Pertahanan Nasional.

 

 

Penulis: Dwi Lukman H., ST., M.Eng.

Editor: GWM

Statistik Pengunjung

1.png0.png4.png6.png0.png5.png
Today286
Yesterday294
This week286
This month4881
1
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id