Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Kegiatan Tim Batubara PTSEIK ke Pabrik Semen Padang dan Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat

Kunjungan kerja ke Padang Sumatera Barat ini bertujuan untuk melakukan pemaparan dan diskusi terkait tindak lanjut pengembangan teknologi Coal UpgradingFlash Drying” untuk diterapkan pada pabrik semen, serta melakukan penjajakan potensi kerja sama antara BPPT dengan pihak industri (PT. Semen Padang) dan pihak akademisi (Fakultas Teknik Universitas Andalas). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Juli 2019 oleh PTSEIK BPPT yang terdiri dari 4 orang anggota tim batubara (Ir. Yusnitati, Ir. Trisaksono, Dr. Herman Hidayat, dan Imron Masfuri) yang didampingi oleh Kepala Bagian Program dan Anggaran  (Dr. M. Abdul Kholiq). Adapun kegiatan dinas ke industri semen ini merupakan bagian dari program kegiatan DIPA Batubara 2019. Urgensi kegiatan kunjungan ini adalah untuk memaparkan progress riset dan pengembangan teknologi coal upgrading yang telah sampai pada tahap pengujian pilot coal flash drying skala 500 kg/jam serta pengumpulan data primer dan sekunder guna menunjang kajian penerapan teknologi coal flash drying pada industri semen yang merupakan salah satu output program kegiatan batubara di tahun 2019 ini.

Gambar 1. Plant Semen di PT. Semen Padang

Agenda pertama adalah melakukan pertemuan, diskusi, dan kunjungan plant pabrik Semen Padang. Pertemuan antara tim PTSEIK dengan pihak PT. Semen Padang dilaksanakan di Pabrik Indarung Semen Padang yang berlokasi di Komplek Semen Padang, Jalan Raya Indarung, Padang Besi, Lubuk Kilangan, Kota Padang. Kegiatan ini diawali dengan paparan dan diskusi di ruang rapat Bagonjong, lalu dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke plant pabrik semen Indarung V.

Gambar 2. Paparan tim PTSEIK terkait profil BPPT

Gambar 3. Paparan Teknologi Coal Flash Drying

Dalam paparan tersebut, tim PTSEIK menyampaikan bahwa status pengembangan teknologi coal upgrading dengan proses coal flash drying (CFD) telah selesai membangun pilot plant CFD skala 500 kg/jam di laboratorium batubara PTSEIK di Puspiptek Serpong serta telah melakukan beberapa kali pengujian dengan menggunakan bahan baku batubara kualitas rendah atau lignite.

Gambar 4. Pilot Plant Coal Flash Drying kapasitas 500 kg/jam di PTSEIK Puspiptek Serpong

Penjajakan kerja sama antara PTSEIK BPPT dan PT. Semen Padang diharapkan dapat terlaksana guna menunjang pengembangan dan penerapan teknologi coal flash drying hingga skala komersial atau penerapan di industri, karena mengingat potensi besar sumber gas panas buang (waste heat) yang dihasilkan pabrik semen selama proses produksi semen. Teknologi CFD merupakan teknologi coal upgrading yang sangat memungkinkan untuk diterapkan di Pabrik Semen karena beroperasi pada temperatur dan tekanan rendah, yaitu pada temperatur kurang dari 200oC dan tekanan atmosferik. Sehingga sumber panas buang di beberapa unit proses pabrik semen Padang berpotensi untuk dijadikan sumber panas untuk coal flash drying. Adapun sumber panas buang bisa berasal dari sisa flue gas keluaran dari unit Suspension Preheater maupun dari udara panas keluaran dari unit Clinker Cooler.

Gambar 5. Sumber-sumber gas panas buang di Semen Padang

Setelah selesai paparan, tim PTSEIK diberi kesempatan berkunjung ke area plant Semen Padang di Pabrik Indarung V untuk mengetahui langsung peralatan produksi semen mulai dari material yang digunakan hingga peralatan proses yang menghasilkan gas panas buang. Hal ini sangat penting untuk menunjang dan mendukung kajian penerapan teknologi coal upgrading “flash drying” pada pabrik semen secara detail dan terperinci. Kunjungan di plant meliputi beberapa area plant yang terkait kajian coal upgrading, yaitu unit Coal Handling, unit Suspension Preheater, unit Coal Mill dan unit Clinker Cooler.

Gambar 6. Kunjungan pabrik Semen Padang di plant Indarung V

   

Gambar 7. Kunjungan di unit proses yang menghasilkan gas panas buang

Kegiatan tim BPPT selanjutnya adalah melakukan pertemuan, diskusi, dan kunjungan di Fakultas Teknik Universitas Andalas di Padang, tepatnya berlokasi di Kampus Limau Manis, Kota Padang, Sumatera Barat. Dalam pertemuan tersebut, tim PTSEIK BPPT disambut langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas, Dr. Insanul Kamil beserta jajarannya.

Gambar 8. Pertemuan di Fakultas Teknik Universitas Andalas

Dalam pertemuan tersebut, tim BPPT memaparkan profil BPPT secara keseluruhan beserta pembagian unit-unit kerja yang ada di BPPT serta menyampaikan kegiatan-kegiatan riset dan fasilitas-fasilitas peralatan lab yang ada di BPPT Puspiptek Serpong. Pada kesempatan tersebut, pihak Universitas Andalas sangat tertarik untuk menjalin kerja sama dengan BPPT, khususnya yang berhubungan dengan akademisi, mahasiswa, dan riset. Bentuk kerja sama antara BPPT dan Universitas Andalas akan dibahas lebih lanjut dalam draft kerja sama dengan detail lingkup kegiatan yang jelas dan terarah.

 

Penulis: Imron Masfuri

Editor: GWM

 

Statistik Pengunjung

9.png0.png3.png6.png7.png
Today70
Yesterday175
This week70
This month3277
2
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id