Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Listrik dari Limbah Cair Sawit POME, Kenapa Tidak? (Update PLTBg Terantam)

Gambar tersebut di atas adalah contoh pemanfaatan limbah sawit berupa Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) dari POME yang dibangun PTSEIK/BPPT di lokasi pabrik kelapa sawit (PKS) milik PTPN 5 di Terantam, Pekanbaru. Unit PTLBg tersebut dapat mensuplai daya listrik sampai 700 kWe yang disalurkan melalui fasilitas jaringan sepanjang 7 km kelokasi yang membutuhkan di PKS Tandun. Project ini merupakan plant pionir bagi PTPN 5 yang merencanakan akan terus mendorong pendayagunaan POME, limbah cair pengolahan sawit, sebagai sumber energi.

Pembangunan fasilitas PLTBg dipandang sangat strategis mengingat pada 3 hal pokok yaitu mengendalikan limbah cair sawit yang dinilai sangat mencemari lingkungan, mampu memberikan nilai tambah berupa tersedianya bahan bakar alternatif baik untuk menghasilkan listrik atau sebagai sumber panas industri (bahan bakar boiler), dan yang juga sangat penting adalah mengendalikan gas rumah kaca/Green House Gases (GHG dari CH4 dan CO2). Namun disayangkan sampai saat ini nilai pemanfaatan POME tersebut masih sangat rendah khususnya di Indonesia dibandingkan ke 2 negara lain yang juga menjadi produsen sawit di dunia yaitu Malaysia dan Thailand.

Sebenarnya perangkat kebijakan dari negara sudah dikeluarkan, porsi EBT ditargetkan dapat mencapai 23% dari total bauran energi nasional pada tahun 2025. Bioenergi diharapkan mampu berkontribusi sebesar 9,7% dengan rincian 13,8 Juta kiloliter biofuel, 8,4 juta ton biomasa, dan 489,8 juta m3 biogas (Sumber KEN Permen No 79 Tahun 2014).

Potensi biogas khususnya dari limbah cair sawit POME patut diperhitungkan mengingat produksi tandan buah segar (TBS) mencapai 146 juta ton per tahun, yang ketika diolah menghasilkan 35 juta ton Crude Palm Oil (CPO) yang secara bersamaan juga akan membawa 28,7 juta ton limbah cair (POME).

Dengan target produksi listrik berbasis bioenergi (2025) sebesar 5,5 GW, hingga tahun 2018 baru berhasil dibangun sekitar 1,8 GW PLTBg. Sementara untuk POME total yang berhasil di data sekitar 31,8 MW, dalam bentuk pemanfaatannya untuk listrik atau untuk sumber panas pengolahan di pabrik CPO itu sendiri. Ditemukan sekitar 850 atau lebih pabrik kelapa sawit di Indonesia, dimana diperkirakan tidak lebih dari 10% yang sudah memiliki plant biogas dengan total kapasitas terpasang sekitar 23 MWe.

Melihat pada tingginya peluang pemanfaatan potensi biogas dari POME, untuk itulah maka BPPT membangun pembangkit listrik biogas (PLTBg) di PTPN 5 sebagai project percontohan, menggunakan limbah cair sawit POME di Terantam, Pekanbaru. Unit pertama ini telah dioperasikan pada kapasitas maksimal dan telah dinikmati manfaatnya untuk pemenuhan kebutuhan listrik dari PKS Tandun, yang juga milik PTPN 5.

Setelah berhasil dengan PLTBg yang pertama tersebut, maka PTSEIK/BPPT juga sedang mempersiapkan pembangunan satu unit PLTBg lainnya di Sei Pagar lokasi unit PKS lainnya yang juga menjadi milik PTPN 5 di sekitar wilayah Pekanbaru. Unit PLTBg kedua ini akan menggunakan teknologi yang berbeda. Jika pabrik biogas yang di Terantam menggunakan teknologi Covered Aerobic Lagoon (CAL) sedangkan yang di Sei Pagar menggunakan teknologi Continuous Stirred Tank Reactor (CSTR) yang diharapkan akan memberikan kinerja yang lebih baik.

Memperhatikan perkembangan tersebut, fungsi JIRAP yang diemban BPPT di bidang energi terbarukan sudah makin menjadi kenyataan. Diharapkan tidak ada keraguan lagi untuk menggunakan teknologi anak negeri. BPPT khususnya Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK) telah membuktikan bahwa implementasi teknologi biogas bukan hal yang tidak mungkin. Memasyarakatkan teknologi dan menciptakan negara yang kaya dengan teknologi, menjadi tanggung jawab bersama.

Dengan demikian cita-cita kemandirian bangsa di bidang teknologi bukan suatu kemustahilan, membangun plant mengubah POME menjadi listrik maupun untuk cofiring ternyata bisa diwujudkan, kenapa tidak? 

 

Penulis : Ir. Yusnitati, M.Sc.

Editor : GWM

Statistik Pengunjung

2.png1.png5.png1.png9.png7.png
Today291
Yesterday383
This week1941
This month7071
2
Online

Hubungi Kami

Gedung Energi 625 Klaster V
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Tel: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

Web: ptseik.bppt.go.id