Tel: (021) 75791355 Email: sekr-ptseik@bppt.go.id

Aplikasi Pupuk CRF pada Bawang Merah Varietas SS Sakato dan Trisula

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Program Riset Nasional (PRN) “Penerapan Teknologi Pupuk Controlled Release Fertilizer (CRF) untuk Mendukung Pengembangan Best Practice Produksi Bawang Secara Presisi” dimana tim Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK) bertugas melaksanakan pengembangan dan produksi pupuk CRF untuk mendukung peningkatan produktivitas bawang merah. Pupuk ini mengandung makronutrient, makrosekunder, dan mikronutrient, yang penting untuk pertumbuhan bawang merah. Pupuk ini juga dilengkapi dengan matriks zeolit dan coating asam humat.

Uji efektivitas/lapang pupuk CRF dilakukan untuk mengetahui kinerja pupuk CRF terhadap bawang merah. Uji ini dilakukan pada tanaman bawang merah varietas SS Sakato dan Trisula.  SS Sakato merupakan varietas bawang merah yang dikembangkan oleh IPB di daerah Solok, Sumatera Barat sedangkan Trisula berasal dari daerah Majalengka. Kedua varietas ini ditanam pada 2 lahan yang berbeda di Desa Bandorasa Kulon, Kuningan, Jawa Barat.

 

Gambar 1. Uji Efektivitas Pupuk CRF

Perbedaan usia tanam kedua varietas bawang merah dan kondisi cuaca menyebabkan panen dilaksanakan pada 2 tahap. Untuk tahap pertama telah dilakukan panen bawang merah varietas SS Sakato sebanyak 72 plot uji. Sedangkan untuk bawang merah varietas Trisula direncanakan untuk dipanen pada April 2021.

Kegiatan panen bawang merah SS Sakato dihadiri oleh Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK): Dr. Hens Saputra, Koordinator PRN bidang Pangan: Dr. Awang Maharijaya (IPB), Dr. Suwardi dari IPB sebagai mitra kegiatan, pihak BPP Kuningan, Kepala Desa Bandorasa Kulon, Bumdes Kuningan, dan juga para petani. Meski ditanam pada periode off season, penggunaan varietas SS Sakato sendiri cukup menggembirakan karena ukuran umbi yang lebih besar dan tahan terhadap intensitas hujan yang cukup tinggi.

Gambar 2. Panen bawang merah varietas SS Sakato

Penulis: Arfiana

Editor: DLH

Statistik Pengunjung

3.png1.png1.png2.png4.png2.png
Today47
Yesterday291
This week2849
This month3553
1
Online

Hubungi Kami

Gedung 625 Klaster Teknologi Energi
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan 15314

Telp: (021) 75791355

Fax: (021) 75791355

website: ptseik.bppt.go.id